Space Iklan Islami

Tata Cara Sholat Isya Lengkap Dengan Niatnya - Hukum dan Aturan Dalam Islam

Posted by I S L A M A D I N A on 12.22.2016

Video Tata Cara Dan Bacaan Sholat Isya Lengkap


Tata Cara Sholat Isya Lengkap Dengan Niatnya – Assalammu’alaikum muslimin dan muslimat yang sedang membuka tuntunansholat untuk mencari informasi seputar doa, sholat, wudhu dan lainnya. Kali ini kami team tuntunansholat membahas tentang tata cara sholat isya secara lengkap. Dikatakan lengkap karena kami akan menjabarkan langkah demi langkah mengerjakan sholat isya. Penjelasan dari sholat isya yakni sholat penutup setiap harinya atau sholat terakhir dalam sholat fardhu (sholat wajib lima waktu) yang berisi 4 rakaat dengan membaca tahiyat pada saat rakaat kedua dan keempat. Hukum menjalankan sholat isya ini wajib dikerjakan oleh umat muslim karena termasuk sholat fardhu. Waktu awal sholat isya ini ketika menghilangnya syafaq atau yang sering disebut cahaya merah pada langit bagian barat, adapun batas akhir mengerjakan sholat isya yakni hingga munculnya fajar shiddiq (fajr) pada langit bagian timur. Alangkah lebih baik jika kita sudah mendengarkan adzan shalat isya berkumandang kita langsung mengambil air wudhu dan siap-siap untuk melaksanakan sholat isya baik sendirian maupun berjamaah. Lebih afdol lagi jika kita melaksanakan shalat isya berjamaah di masjid maka Masya Allah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat. Jadi kalian harus tetap mendirikan sholat lima waktu dan juga sholat sunnah serta amalan lainnya tetapi hal pertama yang akan dihisab kelak ialah sholatmu. Karena sholat merupakan tiang agama dan kunci yang menunjukkan ketaqwaan kita sebagai umat terhadap Allah SWT. Jangan malas untuk menjalankan shalat isya serta jangan menyepelekan shalat isya karena memiliki batasan waktu sholat paling lama diantara sholat lima waktu lainnya. Justru Allah SWT memberika tenggang waktu yang lama apabila kita memiliki kesibukan atau kepentingan yang benar-benar tidak bisa ditunda dan dihentikan, jadi kalian jangan menyalahgunakan waktu sholat ya. Dalam Hadist Riwayat Bukhari menyebutkan jika mereka tahu yang terdapat dalam shalat isya maka dengan merangkakpun mereka mengerjakannya. Jadi jangan pernah melewatkan sholat lima waktu termasuk shalat isya, maka niscaya pahala yang kalian peroleh tak sanggup kalian hitung. Nah, disini kami akan memberikan tata Cara Mengerjakan Sholat Isya secara lengkap dengan niat dan langkah-langkahnya hingga selesai jadi tetap bersama tuntunansholat untuk mengetahui lebih dalam lagi tata cara sholat isya secara lengkap ya.



Tata Cara Lengkap Sholat Isya :

>> Tata cara yang pertama yaitu badan dan jiwa kita harus bersih maka ambil air wudhu dan berdoalah.

>>Tata cara yang kedua, menutupi aurat sesuai dengan syariat yang berlaku.

>>Selanjutnya, menghadap kiblat dan berdiri tegak sembari membaca niat sholat isya dalam hati.

Niat Sholat Isya :



>>Setelah membaca niat dengan tulus karena Allah semata maka kita angkat kedua tangan sambil mengucap “Allahku Akbar”, kemudian bersedekap dan melantunkan doa iftitah. Saat sudah selesai maka dilanjut membaca surat Al-Fatihah kemudian satu saja surat pendek yang kalian paham. Selanjutnya angkat kedua tangan kembali sembari mengucap “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar) kalian bersiap untuk melakukan rukuk.

>>Lalu iktidal, dan lantunkan “Allahu Akbar” kemudian bersiap untuk sujud.

>>Setelah sujud kalian melakukan duduk diantara dua sujud dan sujud kembali. Nah, rakaat pertamapun selesai, kita mengerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama hanya saja gunakan surat pendek lainnya agar bervariasi dan juga yang membedakan yakni setelah selesai sujud kedua kalian duduk dan melantunkan tahiyat awal. Saat sudah selesai, kalian dapat kembali berdiri dan memulai rakaat ketiga seperti rakaat pertama. Demikian pula pada saat rakaat keempat atau terakhir, kalian membaca tahiyat akhir setelah selesai sujud kedua.

>>Terakhir membaca salam dan berdoa kepada Allah SWT.

Nah itulah tata cara sholat isya lengkap dengan niatnya yang dapat kami sampaikan untuk pembaca setia tuntunansholat. Semoga bermanfaat dan dapat kalian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta semoga bacaan dari kami tadi membawa kesan baik untuk para pembaca, jangan bosan-bosan membuka tuntunansholat ya karena kami menghadirkan informasi setiap harinya, jadi jangan sampai kalian melewatkan informasi seputar doa, sholat, wudhu dan lainnya yang Insya Allah mampu membawa kita kejalan-Nya, amiin.

Blog, Updated at: 02.16.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID