Space Iklan Islami

Cara, Doa dan Niat Shalat Maghrib Terlengkap - Kajian dan Hukum Islam Seputar Sholat

Posted by I S L A M A D I N A on 12.22.2016

Sholat Magrib adalah salah satu Shalat Wajib Lima Waktu yang harus dilakukan oleh setiap umat Muslim diseluruh Dunia baik Laki – Laki Muslim maupun Perempuan Muslim yang sudah diwajibkan untuk mengerjakan Shalat dan untuk Waktu Mengerjakan Shalat Maghrib ini dapat dikerjakan pd saat Matahari terbenam atau secara astronomis bahwa Waktu Shalat Maghrib dimulai saat seluruh piringan matahari masuk ke horizon yg terlihat sampai masuk waktu Shalat Isya. Adapun didalam Hukum Mengerjakan Shalat Maghrib ini ialah Fardhu Ain yg memiliki suatu artian akan mendapatkan pahala yang besar bagi mereka yang mengerjakan Sholat Maghrib, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar pula bagi mereka yang meninggalkan atau tidak mengerjakan Shalat Wajib Maghrib ini sehingga bisa dikatakan bahwa Hukum Shalat Maghrib ialah Wajib dikerjakan.
Untuk Perintah Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu bagi setiap Muslim sudah dijelaskan banyak di Kitab Suci Al Qur’an dan salah satunya didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 yg berbunyi, 

” Dirikanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat dan Berukulah bersama – sama orang yg sedang Ruku atau Mengerjakan Shalat Jamaah (Surat Al Baqarah, Ayat 43) ”.

Didalam Surat Al – An’am Ayat 72 berbunyi, 

” Dan agar mendirikan Sembahyang (Shalat) serta bertakwa kepadanya dan dialah Tuhan yg kpd nyalah km akan dihimpunkan (Surat Al An’am, Ayat : 72) ”.

Kemudian didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg pernah diriwayatkan oleh Hadist Al Bukhari berbunyi, 

” Islam itu dibangun oleh Lima Landasan yang pertama bersaksi tidak ada Tuhan selain Alloh Swt dan Nabi Muhammad Saw utusan Alloh, Mendirikan atau mengerjakan Shalat, Menunaikan atau Membayar Zakat, Berhaji dan Berpuasa di Bulan Ramadhan ( HR. Al Bukhari No. 07 dan Muslim No. 19) ”.

Sedangkan Keutamaan Mengerjakan Shalat Maghrib sendiri antara lain akan mendapatkan Pahala yang begitu banyak karena Sholat Maghrib merupakan Shalat Wajib Lima Waktu, Mengerjakan Sholat Maghrib atau Shalat Wajib Lima Waktu akan menghapuskan Dosa terdahulu selama tidak melakukan dosa besar (HR. Muslim No. 342),  
Dengan menunaikan Shalat dapat mencegah dari perbuatan Keji dan Mungkar. esungguhnya dg mengingat Alloh Swt (Shalat) ialah lebih besar keutamaannya dari ibadah2 yg lain dan Alloh Swt mengetahui apa yg km kerjakan (Surat Al Ankabut, Ayat :45). dan untuk Manfaat Shalat Maghrib Bagi Kesehatan Manusia sendiri bisa membantu menyegarkan otot, melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh dan dapat menenangan Hati dan Pikiran kita sehingga selain akan mendapatkan Pahala dan Mendekatkan diri kepada Alloh Swt, mengerjakan Shalat Lima Waktu pun bisa menjadi sarana kesehatan bagi tubuh dan pikiran kita karena Shalat merupakan tiang agama Islam.

Untuk Cara Mengerjakan Shalat Maghrib ini dilakukan dengan Jumlah Raka’at Tiga Raka’at dan dikerjakan setelah terbenamnya Matahari sampai sebelum masuk Waktu Shalat Isya sehingga jika dijabarkan secara lebih sederhana bahwa Waktu Shalat Maghrib ini dilakukan sekitar Jam 06.00 sore sampai jam 07.00 Malam dan harus di ingat bahwa Waktu Menunaikan Shalat Maghrib sangatlah pendek atau sedikit sekali sehingga sebaiknya jangan menunda – nunda untuk mengerjakan Sholat Maghrib karena ditakutkan bisa terlambat. Sedangkan Langkah – Langkah Mengerjakan Shalat Maghrib sangatlah gampang sekali karena masih sama seperti mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah lainnya yang dilakukan dengan awalan membaca Niat Shalat dan diakhiri Salam di Raka’at Terakhir, hanya saja terdapat perbedaan pada Bacaan Niat Sholat Maghrib, Jumlah Raka’atnya atau Waktu mengerjakannya dan didalam Gerakan Sholatnya pun masih sama seperti mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu lainnya.
Kemudian untuk Tata Cara Shalat Maghrib ini dikerjakan dengan awalan membaca Niat Shalat Maghrib dan menghadap ke Kiblat, dilanjutkan melakukan Gerakan Takbiratul Ikhram yg dibarengi dengan membaca Takbir Allohu Akbar, setelah itu membaca Doa Iftitah dan dilanjutkan membaca Surat Al Fatihah yang diteruskan langsung membaca Surat Al Ikhlas (Sebagai Contoh saja karena anda bebas memilih Suratan yg akan dibaca ) satu kali pada Raka’at Pertama, setelah membaca Suratan maka dilanjutkan dg melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan Sholat I’tidal, Gerakan Sholat Sujud Pertama, Gerakan Sholat Duduk Diantara Dua Sujud dan Gerakan Sholat Sujud Kedua, setelah itu anda bisa berdiri lagi untuk mengerjakan Sholat Maghrib pada Raka’at Kedua.
Cara Sholat Maghrib Raka’at Kedua ini anda kembali membaca Surat Al Fatihah, Suratan Satu Kali, Gerakan Sholat Ruku, I’tidal, Sujud Pertama, Duduk diantara Dua Sujud, Sujud Kedua dan melakukan Gerakan Sholat Duduk Tahiyat Awal Pada Raka’at Kedua dan dilanjutkan kembali Berdiri untuk mengerjakan Sholat Maghrib untuk Raka’at Ketiga (Raka’at Terakhir). Didalam Raka’at Ketiga Sholat Maghrib ini anda hanya membaca Surat Al Fatihah saja yang langsung dilanjutkan dg Gerakan Sholat Ruku, Gerakan Sholat I’tidal, Gerakan Sholat Sujud Pertama, Gerakan Sholat Duduk diantara Dua Sujud, Gerakan Sholat Sujud Kedua dan dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Duduk Tahiyat Akhir yang diteruskan oleh Gerakan Sholat Salam pada Raka’at Ketiga atau Raka’at Terakhir.

Berikut Niat Sholat Magrib :




Blog, Updated at: 01.29.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID