Space Iklan Islami

Mushaf Qur'an Berumur 1400 Tahun Di temukan Di Istambul Turkey - Mushaf Ustman Bin Affan

Posted by I S L A M A D I N A on 11.21.2016

Mushaf Al Qur'an Tertua

Mushaf tersebut saat ini berada di Istana Topkasi, Istanbul, Turki. “Ini Qur’an yang dibukukan oleh Ustman bin Affan (radhiyallahu ‘anhu). Umurnya lebih dari 1.400 tahun. Saat ini disimpan di Istana Topkasi, Istanbul. Di situ ada bercak darah Ustman ketika beliau dibunuh,” terang Syaikh Zahir Mahmood.

Seperti diketahui, ketika Al Qur’an diturunkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau kemudian membacakannya kepada para sahabat. Sehingga selain Rasulullah, banyak sahabat yang langsung menghafal Al Qur’an. Selain dihafalkan di luar kepala, saat itu Al Qur’an juga ditulis di pelepah kurma dan media lain untuk sarana dakwah bagi orang yang tidak langsung bertemu Rasulullah dan menghafalkannya seketika.
Mushaf Al Qur'an Tertua 

Pada masa kekhilafahan Ustman bin Affan, wilayah Islam semakin luas dan pemeluk Islam semakin banyak. Muncullah permasalahan baru, bacaan Qur’an penduduk Syam sedikit berbeda dengan bacaan penduduk Iraq. Karena ada beberapa dialek bacaan dan sebagian orang menyalahkan sebagian yang lain, akhirnya Utsman bin Affan membuat kebijakan untuk menyatukan bacaan dengan standar dialek Quraisy karena Al Qur’an diturunkan dengan bahasa mereka.

Utsman bin Affan kemudian meminjam mushaf yang ada pada Hafshah dan memerintahkan tim sahabat penghafal Qur’an di bawah pimpinan Zaid bn Tsabit untuk menyalin mushaf tersebut. Mushaf-mushaf itu kemudian didistribusikan ke wilayah-wilayah Islam sebagai standar. Karenanya mushaf tersebut disebut dengan mushaf utsmani.

Salah satu mushaf tersebut disimpan oleh Ustman sendiri, dan pada saat akhir hayatnya, ketika Utsman dibunuh, beliau tengah memegang mushaf tersebut.


Blog, Updated at: 20.55.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID