Space Iklan Islami

Beberapa Kiat dan Tata Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini.

Posted by I S L A M A D I N A on 11.09.2016

Ajarkan Sholat pada anak sejak dini

Dikutip dari Dakwatuna.com serta beberapa situs islam lainnya - Perintahkan secara langsung telah Allah gambarkan kepada kita untuk menuntun serta menyuruh keluarga kita dalam menunaikan ibadah shalat, sebagaimana Firman Allah pada surat Thaha ayat 132,
“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, tetapi Kamilah yang membei rezeki kepadamu. Dan akibat yang baik di akherat adalah bagi orang yang bertakwa.”

Rasulullah bersabda : “Suruhlah anak-anakmu untuk mengerjakan shalat bila sudah berusia 7 tahun, dan pukullah mereka bila tidak mau melaksanakannya ketika sudah berusia 10 tahun” (HR. ABu Daud)

Berikut beberapa kiat mengajarkan shalat kepada anak sejak dini.

1. Sejak dalam kandungan selalulah berkomunikasi dan ajaklah anak untuk shalat. Meski masih dalam kandungan, janin sudah bisa mendengar, dengar cara ibu selalu mengajak bayi dalam kadungan untuk shalat setiap datang waktu shalat, maka berarti janin sdng dalam kandungan sudah mulai belajar mengenal waktu waktu shalat yang lima waktu. Dia menjadi terbiasa mendengar secara rutin ajakan untuk shalat dari ibunya. Demikian juga ketika anak sudah lahir ke dunia, sejak awal selalu libatkan dalam setiap aktifitas shalat kita, minimal dengan mendengar suara ajakan shalat, kemudian membawanya untuk terbaring atau duduk disamping tempat shalat kita.

2. Ketika anak sudah mulai berdiri dan bisa berbicara, latih anak untuk berdiri shalat di samping kita, dan ajak untuk mengikuti bacaan Al-Fatihah kita, dalam shalat yang sifatnya jahr (magrib, isya, subuh) atau mulai ajarkan untuk menghafal Al-Fatihah, dengan cara sering diulang ulang. Al-Fatihah adalah bacaan minimal yang harus dibaca oleh seorang yang sedang berlatih shalat. Maka target bacaan pertama yang harus diajarkan untuk dihafal anak dalam rangka menegakkan shalat, adalah bacaan alfatihah. Baru beranjak mengajarkaan bacaan bacaan yang lain.

3. Mengajarkan gerakan dalam shalat secara bertahap. Misal dalam tahap awal, fokus memperhatikan dan memastikan sedekap tangan anak kita sampai benar. sebelum beranjak mengajarkan gerakan yang lain secara benar. Perhatikan hasil latihan ini misalnya untuk jangka waktu 1 sampai 3 bulan. Selanjutnya baru fokus mengajarkan gerakan lain, misal ruku, bagaimana ruku yang benar dengan menekuk badan kita dalam sudut 90 derajat secara lurus, serta telapak tangan diatas lutut. Demikian seterusnya sampai semua gerakan dalam shalat perlahan bisa dicontoh anak kita dengan baik.

4. Lakukan semua latihan tersebut tanpa dipaksakan. Sementara dibiarkan dulu ketika anak shalat berawal takbir, dengan semangat baik bergerak cepat langsung salam. Proses demikian mungkin akan berlangsung beberapa lama, sebelum anak berusia 7 tahun, maklumi dan bersikaplah bijaksana  terhadap anak anak kita. Ketika anak sudah mulai menginjak usia 7 tahun, disinilah kita sudah harus memulai sedikit disiplin dalam megajar anak untuk shalat.

5. Memberikan penghargaan saat anak kita sudah mau melaksanakan shalat sesuai arahan yang sudah kita ajarkan. Misalnya, saat anak mampu hafal alfatihah,meski bacaan yang lain belum hafal, kita berikan hadiah/penghargaan. Pada saat memberikan hadiah maka sampaikan bahwa hadiah dari ayah/bunda atas prestasi ananda yang sudah pintar dalam menghafal Al-Fatihah namun jelaskan juga bahwa hadiah dari ayah/bunda ini belum seberapa jika dibanding dengan hadiah (pengganti pahala, jika anak belum memahami kata pahala) dari Allah, jauh lebih istimewa yang akan Allah berikan di akherat nanti, Kalimat ini penting untuk disampaikan, untuk menanamkan pada anak bahwa kita melakukan shalat adalah karena menginginkan balasan dari Allah, dan bukan balasan dari manusia.

Demikian sedikit kiat dalam mendidik serta mengajarkan sholat kepada anak sejak dini.
Semoga Allah senantiasa merahmati Kita dan seluruh keluarga kita sekalian.
Allahuma ameen

Blog, Updated at: 15.57.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID