Space Iklan Islami

10 Negara Terkorupsi Dan Terbersih Didunia . INDONESIA Berada diurutan ke...?

Posted by I S L A M A D I N A on 10.05.2016


Berdasarkan indeks persepsi korupsi (CPI) yang dirilis Transparansi Internasional (TI).

Berikut adalah 10 Besar Negara terkorup di Dunia.

1. Chad (negara di Afrika) 2. Bangladesh3. Turkmenistan
4. Myanmar
5. Haiti
6. Pantai Gading,
7. Nigeria,
8. Somalia
9. Sudan
10. Kongo

Poses Indonesia Adalah ? 
Pada 2004, Indonesia di peringkat 133 dari 146 negara dan satu blok dengan Angola, Republik Demokratik Kongo, Pantai Gading, Georgia, Tajikistan, dan Turkmenistan. Dari bawah, Indonesia berada di urutan kesepuluh negara terkorup Didunia .
Dan tahun 2005, Indonesia berada di peringkat 137 dan satu blok dengan Liberia, Ethiopia, Kamerun, Iraq, Uzbekistan, dan Azerbaijan. Sedangkan CPI Indonesia 2,2 persen. Jika diurut dari bawah, Indonesia berada di peringkat 20 negara terkorup.
Dan Peringkat Negara Terbersih Dari Korupsi Ditahun 2004 - 2005 adalah
Islandia
Finlandia
Selandia Baru
Denmark
Singapura
Swedia
Swiss
Norwegia
Australia
Austria

Untuk menentukan peringkat, TI memakai angka satu hingga 10 untuk skala CPI. Makin kecil indeks, makin tinggi tingkat korupsi. Sebaliknya, jika indeks mendekati angka sepuluh, tingkat korupsi bertambah kecil. Negara yang punya CPI sama akan dimasukkan dalam satu blok peringkat.
TI melibatkan 16 sumber, seperti pengusaha, akademisi, dan pejabat publik. Termasuk di dalamnya World Bank Institute (WBI) dan World Economic Forum. Mereka ditanya seputar good corporate governance di negara tempat mereka tinggal atau proses kelancaran bisnis.
Menurut Direktur TI Peter Eigen, sekitar dua pertiga dari 159 negara memiliki CPI kurang dari tiga. Itu berarti korupsi negara-negara di dunia makin mengkhawatirkan.
Korupsi yang dilakukan pejabat negara membuat rakyat menjadi miskin. Fenomena ini lumrah dijumpai di dunia ketiga. Korupsi dan kemiskinan saling menerkam, kata Eigen.
Eigen menegaskan, kekayaan tidak cukup memberantas korupsi. Analisis jangka panjang mengungkapkan, persepsi korupsi turun signifikan di negara berpendapatan rendah, seperti Estonia, Kolombia, dan Bulgaria satu dasawarsa terakhir. Di negara berpenghasilan tinggi, termasuk Kanada dan Irlandia, persepsi korupsi meningkat.
 

Blog, Updated at: 22.10.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID