Space Iklan Islami

Sempurnanya ibadah Haji dalam Kajian islam

Posted by I S L A M A D I N A on 9.14.2016

Labbaik Allahumma Labbaiklabbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka..

Pernahkah terpikir olehmu betapa indahnya saat seorang muslimin atau muslimah menunaikan ibadah haji mendatangi panggilan dari Tuhannya.?
Indah terbayang dalam pikiran namun tahukah kamu bahwa beribadah haji tidaklah cukup dengan membawa jasad semata.???
Allah Swt memanggilmu atas kewajibanmu sebagai seorang hamba yaitu hamba yang senantiasa tunduk pada semua perintah Allah dan berusaha menjauhi segala larangan yang dimurkaiNya.
Disebukan baik dalam Al Qur'an maupun Hadits Muhammad Rasulullah tentang beberapa perkara syarat dalam menunaikan ibadah haji, antara lain :
1. Beragama islam
2. Sudah memasuki usia Baligh / sudah memahami mana yang benar dan salah.
3. Merdeka / bukan seorang hamba sahaya atau budak.
4. Bagi mereka yang sudah mampu.

Namun dari ke 4 syarat ini, syarat yang ke 4 terbagi lagi menjadi :
1. Mampu untukmu secara harta , kejiwaan dan kesehatan.
2. Mampu untukmu mencukupkan dan meringankan beban untuk orang orang disekitarmu yang sedang dalam kesusahan.

Amalan semata hanya hak Allah azza wa jalla yang menilai dan memberikan untukmu namun selama masih engkau lihat ada orang yang mengalami kelaparan ataupun sakit keras tapi engkau lalai memperdulikan mereka serta lebih mndahulukan ibadah hajimu maka tidaklah sempurna amalan ibadah hajimu di hadapan Allah Swt.

Adapun tujuan engkau menunaikan ibadah haji adalah sebagai bukti bahwa engkau beriman kepada rukun islam. Bila setelah menunaikan ibadah haji tapi tidak engkau temui sebagian tanda ini pada mereka yang sudah melaksanan ibadah haji ,maka ibadahnya hanyalah membawa jasad belaka. Berikut sedikit tanda untuk mereka yang mendapat hidayah dan anugerah sebagai seorang haji atau hajjah yang mabrur :
1. Bertambah keimanannya kepada Allah Swt.
2. Senantiasa menjaga prilakunya dari hal hal yang buruk, baik dikala sendiri ataupun dikala berada ditengah kerumunan orang banyak.
3. Senantiasa berusaha mnjaga ucapan, baik ucapan yang bernada kasar, ucapan yang menfitnah orang lain ataupun ucapan yang bersifat menyombongkan diri sendiri maupun keluarganya.
4. Senantiasa berusaha mengikuti 4 sifat utama Rasulullah Saw, yaitu :
- Shiddiq yaitu benar ucapan.serta perbuatannya.
- Amanah yaitu bisa dipercaya.bila dititipkan amanat.
- Tabligh yaitu menyampaikan segala hal yang baik dan untuk kelangsungan kaum muslimin dan muslimah tanpa pandang bulu baik mereka kaya ataupun miskin.
- Fathonah yaitu cerdas atau memahami ilmu agama dan senantiasa giat mendalami ajaran islam dalam bidang dan kajian apapun.
Labbaik Allahumma Labbaik ( kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah )
Labbaika la syarika laka labbaik ( tiada sekutu bagi-Mu dan kami insya Allah memenuhi panggilan-Mu )
Inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulka la syarika laka  ( sesungguhnya segala pujian, nikmat dan begitu juga kerajaan adalah milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu ).
Bila ibadah hajimu engkau lakukan hanya untuk mencari duniawimu ataupun mendapatkan pujian semata dari manusia maka sesungguhnya engkau dalam kerugian yang besar, namun bila niat serta tujuan ibadah hajimu semata mata mengharapkan keridhoan serta mendatangi panggilan Allah, maka dunia dan akherat akan engkau dapati secara bersamaan.
Allahuma ameen.






Blog, Updated at: 10.06.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID