Space Iklan Islami

sejarah awal berdirinya serta perkembangan wikipedia hingga kini 2016

Posted by I S L A M A D I N A on 9.26.2016

"Bayangkanlah suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Itulah yang kami kerjakan."

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat.
Proposal terawal mengenai ensiklopedia dicetuskan oleh Rick Gates pada 1993,namun konsep ensiklopedia sumber terbuka berbasis web dicetuskan beberapa tahun kemudian oleh Richard Stallman sekitar tahun 1999.

Cikal bakal lahirnya wikipedia.
Pada Maret 2000, didirikanlah ensiklopedia yang bisa disunting oleh khalayak ramai namun di awasi oleh orang-orang terkemuka di bidangnya masing-masing, yaitu Nupedia.com ("ensiklopedia bebas"), dan mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief
Wikipedia secara formal dilluncurkan pada 15 Januari 2001. menggunakan konsep dan teknologi wiki yang dirintis Ward Cunningham. Awalnya, Wikipedia dibentuk untuk melengkapi Nupedia, sebuah proyek ensiklopedia daring yang disunting secara sukarela oleh para ahli dengan memberikan artikel draf tambahan dan ide untuknya. Wikipedia dengan cepat melampaui Nupedia, menjadi proyek global dalam berbagai bahasa dan menginspirasi serangkaian besar proyek referensi tambahan. Hari ini, Wikipedia memiliki 15 juta artikel yang bebas digunakan dalam lebih dari 200 bahasa di seluruh dunia yang ditulis oleh sejuta akun pengguna terdaftar dan kontributor anonim yang tidak terhitung jumlahnya.

Wikipedia merupakan sebuah website yang memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang diseluruh dunia.
Pendiri Wikipedia adalah jimmy wales dan salah satu perusahaan besar yang memberikan sponsor atas lahirnya wikipedia adalah bomis.com .
ada pula orang yang berjasa mengembangkan Wikipedia yaitu Larry Sanger yang sudah memahami tentang konsep ensiklopedia kolaboratif gratis di tahun 2000.

Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.
Diambil dari beberapa sumber dan salah satunya adalah wikipedia.org

Blog, Updated at: 02.34.00

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung Ke Blog Ini..Silahkan Berkomentar Asal dengan bahasa santun dan saling menjaga kesopanan.
Hidup Blogger Indonesia..!!!!

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

DIMANA ALLAH / TAUHID